• UGM
  • IT Center
Universitas Gadjah Mada Program Pascasarjana
Magister Ilmu Kedokteran Klinis, FK-KMK
Universitas Gadjah Mada
  • Beranda
  • Tentang Kami
    • Sekilas Pandang
    • Struktur Organisasi
    • Visi & Misi
    • Tujuan
    • Sasaran
    • Staf Pengajar
    • Download
  • Pendidikan
    • Program Pendidikan
    • Peserta Program
    • Kalender Akademik Program Pascasarjana Universitas Gadjah Mada
    • Mata Kuliah Dasar Umum (MKDU)
    • Video Pembelajaran
  • Pendaftaran
    • Syarat Pendaftaran
    • Prosedur Pendaftaran
    • Tempat Pendaftaran
  • Alumni
  • Beranda
  • Syarat Pendaftaran

Syarat Pendaftaran

  • 2 November 2018, 01.51
  • Oleh: Admin Jr
  • 0
Kunjungi situs resmi Direktorat Pendidikan dan Pengajaran UGM: akademik.ugm.ac.id dan um.ugm.ac.id untuk pendaftaran.

  1. Dokumen dan/atau data yang diperlukan untuk mendaftar adalah sebagai berikut:
    1. Ijazah asli dari jenjang pendidikan sebelumnya (S1 atau setara) dari Program Studi yang terakreditasi dalam bidang ilmu yang sesuai dan/atau berkaitan dan disetujui oleh Program Magister yang akan diikuti;
    2. Transkrip nilai asli dengan Indeks Prestasi Kumulatif pada jenjang S1 atau setara, dengan kriteria sebagai berikut:

    1. ≥ 2,50 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi A, atau;
    2. ≥ 2,75 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi B, atau;
    3. ≥ 3,00 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi C.
    3. Sertifikat akreditasi program studi pada jenjang S1 atau setara, dengan ketentuan sebagai berikut:

    1. Akreditasi program studi yang dimaksud adalah akreditasi saat ini dan dibuktikan dengan hasil pemindaian sertifikat akreditasi atau print screen akreditasi dari laman Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT)/LAM-PTKes yang masih berlaku;
    2. Program Studi yang akreditasinya sedang dalam proses perpanjangan, dibuktikan dengan tanda terima penyerahan borang akreditasi ke BAN-PT/LAM-PTKes yang diperoleh dari Perguruan Tinggi yang bersangkutan. Surat keterangan dari Perguruan Tinggi yang bersangkutan tidak berlaku;
    3. Pendaftar lulusan luar negeri harus mempunyai surat keputusan penyetaraan ijazah dari KEMDIKBUD sebagai pengganti sertifikat akreditasi.

    Panitia hanya memproses dokumen akreditasi yang sesuai dengan ketentuan.

    4. Sertifikat hasil tes potensi* yang masih berlaku (maksimum 2 tahun dari tanggal dikeluarkannya sertifikat). Panitia hanya menerima hasil tes potensi:

    Jenis Skor Minimal Keterangan
    PAPs UGM
    450
    Contoh Sertifikat Tes Potensi Akademik Pascasarjana (PAPs) UGM , dan Jadwal Pelaksanaan Tes
    TPDA PLTI
    450
    Contoh Sertifikat Tes Potensi Dasar Akademik PLTI dan Jadwal Pelaksanaan Tes
    Tes Potensi Akademik (TPA) BAPPENAS
    450
    Contoh Sertifikat Tes Potensi Akademik Bappenas dan Jadwal Pelaksanaan Tes

    *) Pendaftar wajib mempunyai skor. Meskipun demikian, karena saat ini masih dalam situasi pandemi Covid 19, maka diambil kebijakan bahwa skor yang belum memenuhi syarat minimal tersebut di atas, masih dapat mendaftar untuk periode ini.

    5. Sertifikat hasil tes kemampuan Bahasa Inggris* yang masih berlaku (maksimum 2 tahun dari tanggal dikeluarkannya sertifikat). Panitia hanya menerima hasil tes kemampuan Bahasa Inggris:

    Jenis Skor Minimal Keterangan
    AcEPT UGM
    149
    Contoh Sertifikat Academic English Proficiency Test (AcEPT) dan Jadwal Pelaksanaan Tes
    TOEP PLTI
    27
    Contoh Sertifikat Test of English Proficiency (TOEP) dan Jadwal Pelaksanaan Tes
    International English Testing System (IELTS)
    4.0
    Contoh Sertifikat International English Testing System (IELTS) dan Jadwal Pelaksanaan Tes
    Internet-Based (iBT) TOEFL
    30
    Contoh Sertifikat Internet-Based Test (iBT) TOEFL dan Jadwal Pelaksanaan Tes
    Institutional Testing Program (ITP) TOEFL
    400
    Contoh Sertifikat Institutional Testing Program (ITP) TOEFL dan Jadwal Pelaksanaan Tes

    *) Pendaftar wajib mempunyai skor. Meskipun demikian, karena saat ini masih dalam situasi pandemi Covid 19, maka diambil kebijakan bahwa skor yang belum memenuhi syarat minimal tersebut di atas, masih dapat mendaftar untuk periode ini.

    Tabel Konversi Tes Bahasa Inggris Menjadi Nilai Angka, silakan klik disini.

    6. Rekomendasi yang bersifat rahasia dari 2 (dua) orang yang mengenal calon Mahasiswa pada jenjang pendidikan sebelumnya, Dosen Pembimbing Akademik dan/atau orang lain yang dianggap berwenang, misalnya atasan tempat kerja pendaftar. Tautan untuk memberikan rekomendasi secara online akan dikirim Panitia UM UGM  kepada pemberi rekomendasi melalui email. Pastikan alamat email pemberi rekomendasi adalah alamat email yang valid dan aktif;
    7. Syarat khusus:

    1. Proyeksi keinginan calon Mahasiswa dalam mengikuti Program Magister yang berisi antara lain rencana topik/minat penelitian serta alasan dan harapan mengikuti program yang dipilih, rencana topik penelitian, dan rencana setelah selesai kuliah (format dapat diunduh di sini);
    2. Proposal penelitian Tesis*/tulisan essai/syarat khusus lainnya yang dipersyaratkan oleh program studi.

    *) Wajib bagi pelamar jalur Berbasis Penelitian (by research)

    8. Surat ijin/tugas belajar dari instansi tempat kerja bagi pendaftar yang sudah bekerja (format dapat diunduh di sini);
    9. Dokumen Memorandum of Understanding (MoU) atau Perjanian Kerja Sama (PKS) atau Surat Penetapan sebagai Penerima Beasiswa yang masih berlaku (khusus bagi pendaftar jalur kerjasama);
    10. Dokumen Surat Pernyataan Keaslian Dokumen (format dapat diunduh di sini).

    Program Studi/Fakultas/Sekolah Pascasarjana dapat menentukan standar IPK, tes potensi, dan kemampuan Bahasa Inggris lebih tinggi daripada yang dipersyaratkan Universitas.

    Informasi lebih lanjut silakan hubungi program studi tujuan.

Sumber: um.ugm.ac.id

Link

Aspirasi IKK

Sebagai upaya Program Studi Magister Ilmu Kedokteran Klinik untuk menyerap aspirasi bagi stakeholders, kami persilahkan Bapak/Ibu/saudara/I untuk menyampaikan aspirasi / masukan untuk perkembangan dan kemajuan Program Studi maupun masukan dalam proses pembelajaran dan atau pelayanan Program Studi.

Sampaikan Aspirasi Bapak/Ibu/Saudara/i melalui link berikut ini :

http://ugm.id/aspirasis2ikk

Universitas Gadjah Mada

Magister Ilmu Kedokteran Klinis
Program Pascasarjana Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan
Universitas Gadjah Mada

Gedung Pascasarjana Tahir Foundation, Lantai 5, Sayap Selatan

Jl. Farmako, Senolowo, Sekip Utara, Kec. Depok, Derah Istimewa Yogyakarta 55281 Indonesia
Telp : +62 274 580721
Fax : +62 274 580721
E-mail : s2.ikklinik@ugm.ac.id

  magisterkedokteranklinis

 Magister Kedokteran Klinis

 

Alumni

  • Tracer Study alumni
  • Donasi
  • KAGAMA
  • Kabar Alumni

© Universitas Gadjah Mada

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY

[EN] We use cookies to help our viewer get the best experience on our website. -- [ID] Kami menggunakan cookie untuk membantu pengunjung kami mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami.I Agree / Saya Setuju